TékenAja! Blog

Pentingnya Identitas Digital di Masa Transformasi Digital

4 weeks ago | at 12:45 pm

Transformasi digital memberikan dampak bagi berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pelayanan publik. Transformasi digital diperkirakan akan menyebabkan ledakan objek pada sejumlah pelaku pasar digital dan akan terus bertumbuh secara eksponensial di tahun mendatang. Salah satu inovasi teknologi yang memiliki banyak kegunaan adalah adanya identitas digital, hal tersebut menjadi sebuah aspek fundamental pada proses transformasi digital karena fungsi identitas digital yang dapat memungkinkan kita untuk mengakses layanan baik publik maupun swasta seperti kesehatan, pendidikan, bahkan layanan keuangan. 

Identitas Digital merupakan sebuah refleksi dari diri sendiri yang dibuat dalam bentuk dan sistem digital. The World Economic Forum mendefinisikan identitas digital sebagai kumpulan atribut dari seorang individu yang menggambarkan suatu entitas dan menentukan transaksi di mana entitas tersebut dapat berpartisipasi. Fleksibilitas penggunaan identitas digital dapat memberikan efektifitas dalam melakukan berbagai hal di berbagai sektor di ruang digital termasuk proses transaksi digital menjadi lebih mudah.

Sangat penting bagi pengguna untuk memiliki identitas digital, sehingga segala aktivitas pada ruang digital dapat teridentifikasi. Skema keterlibatan identitas digital dalam kehidupan sehari-hari akan menimbulkan sebuah kebiasaan baru pada masyarakat. Menurut lembaga riset Deloitte, pengguna akan mendapatkan berbagai manfaat, yaitu:

  1. Privasi: Adanya proses enkripsi memungkinkan pengguna untuk mengetahui siklus penggunaan data, akses pada data juga dapat diatur sehingga privasinya sangat terjaga.
  2. Keamanan: Data pengguna dapat terjamin keamanannya karena disimpan pada sistem yang aman dan dilindungi, menggunakan identitas digital juga dapat meminimalisir pemalsuan identitas.
  3. Transparansi: Pengguna dapat mengetahui bagaimana dan kapan data digunakan termasuk dengan segala perubahan yang dilakukan pada data pengguna tersebut.
  4. Kenyamanan: Dapat membuat infrastruktur digital yang lebih praktis dan nyaman dengan segala efisiensi yang dapat diperoleh dari penggunaan identitas digital.
  5. Integritas: Adanya aturan yang secara signifikan mengatur tentang penggunaan data pribadi juga mengharuskan penyelenggara identitas digital untuk melindungi data sehingga memahami tanggung jawab mereka jika terjadi kehilangan atau pelanggaran data.

Pada proses pengadaptasian model identitas digital di masa transformasi terdapat banyak hambatan, seperti minimnya proteksi keamanan, interops, kontrol pengguna atas data, munculnya ancaman serangan siber, dan lainnya. Namun, penyelenggara identitas digital yang baik akan memiliki solusi bagi hambatan-hambatan tersebut dan adanya PSrE (Penyelenggara Sertifikasi Elektronik) diharapkan dapat meminimalisir resiko fraud, penyalahgunaan data dan informasi, serta aktivitas lainnya yang bisa merugikan berbagai pihak. Pengelolaan data juga harus sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

TékenAja! sebagai PSrE berperan dalam menyediakan solusi pada infrastruktur digital pada masa transformasi digital. TékenAja! merupakan platform pertama yang menerapkan verifikasi biometrik real-time pada tingkat keamanan tertinggi, yaitu level 4, dengan otentikasi dua faktor (2FA) untuk memberikan Sertifikat Digital terbaik. Dengan tingkat keamanan dan kebenaran platform kami yang tinggi, masyarakat dapat memberikan kepercayaannya untuk mulai mengadopsi identitas digital sehingga dapat terus menyesuaikan dengan berbagai transformasi digital. Kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

#BUYBACKYOURTIME

Do you like Cookies ?

Our website is using cookies to provide your browsing experience and relevant informations. Before continue and browse our website, please accept and agree our Privacy & Policy here below.