TékenAja! Blog

Pentingnya Menumbuhkan Digital Trust Bagi Pertumbuhan Ekonomi Digital

2 months ago | at 10:02 am


Transformasi digital tidak hanya meningkatkan inklusi digital di Indonesia, valuasi ekonomi digital pun terus mengalami peningkatan seiring berkembangnya kebutuhan masyarakat Indonesia. Ragam pemanfaatan teknologi digital memunculkan fenomena Internet of Things (IoT), konsep IoT memungkinkan suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Di samping pengimplementasian IoT yang memberikan banyak kemudahan, peneliti dari Kaspersky menyebutkan IoT juga memiliki dampak negatif yang cukup mengancam, terutama perihal keamanan data. Konektivitas yang luas di antara perangkat pribadi, pemerintah, bisnis, dan peralatan industri memicu pertumbuhan eksponensial dalam risiko serangan siber. Data yang berisi informasi krusial yang diretas dan dicuri dapat disalahgunakan oleh thread actor yang bisa menimbulkan kerugian bagi pemilik data. 

Dampak negatif yang ditimbulkan dari IoT menyebabkan konsumen kehilangan kepercayaan pada instansi atau perusahaan pengelola data. Masyarakat juga kini semakin sadar akan pentingnya kesadaran keamanan siber dan perlindungan data privasi sehingga mendorong urgensi untuk membangun trust atau rasa percaya agar masyarakat Indonesia berani untuk melakukan interaksi menggunakan berbagai platform digital. Maka, digital trust dalam bertransaksi dan berinteraksi secara digital merupakan hal fundamental bagi pertumbuhan ekonomi digital. Jika sumber kehidupan ekonomi digital adalah data, jantungnya adalah digital trust—tingkat kepercayaan pada orang, proses, dan teknologi untuk membangun ekosistem digital yang aman. Hal tersebut semakin relevan dengan tiga isu prioritas di sektor digital yang dibahas dalam Presidensi G20 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pada kesempatan tersebut KOMINFO turut mencermati dan membangun ekosistem digital berbasis digital trust.

Digital trust dapat diperoleh jika memiliki metode autentikasi yang solid yang melindungi pengguna dari serangan malware. Interaksi dan transaksi digital yang baik dan aman biasanya menggunakan sistem Public Key Infrastructure (PKI) sebagai alat keamanan karena dapat memberikan autentikasi, enkripsi dan kredibilitas. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, pemegang atau pengelola data harus memiliki integritas dalam mengamankan kerahasiaan dan penggunaan data yang selalu relevan dengan perkembangan zaman. Termasuk kebutuhan atas layanan autentikasi dokumen, dan identitas digital. 

Kini, pelaku bisnis digital mulai berinvestasi pada sistem keamanan siber, salah satunya dengan mengadopsi teknologi dan infrastruktur digital seperti sertifikat digital dan tanda tangan digital. Penggunaan sertifikat digital dan tanda tangan digital dapat membangun kepercayaan dalam melakukan transaksi digital karena penggunaan dan pengelolaannya memiliki aturan dan hukum yang jelas pada PP No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi. Sertifikat elektronik juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital karena sifatnya yang cukup fleksibel, inovasi tersebut dapat digunakan untuk berbagai transaksi online sehingga berdampak baik bagi ekosistem digital berbasis digital trust. 

Menurut UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 11, tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah selama memenuhi persyaratan. Certification Authorities (CA) atau Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) berfungsi untuk menyediakan sertifikat elektronik dan tanda tangan elektronik yang terbukti memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah, selain itu PSrE memberikan solusi bagi pelaku ekonomi digital untuk meminimalisir ancaman fraud, penyalahgunaan data dan informasi, serta tindakan ilegal yang dapat menimbulkan kerugian. 

TékenAja! sebagai PSrE pertama di Indonesia yang memiliki status ‘Berinduk’ oleh KOMINFO bermanifestasi untuk menciptakan tingkat digital trust yang tinggi di masyarakat Indonesia. Sertifikat digital dan tanda tangan digital dari TékenAja! menggunakan sistem verifikasi biometrik secara real-time dengan tingkat keamanan ke-4, dengan autentikasi dua faktor (2FA) untuk memberikan layanan sertifikat digital dan tanda tangan digital terbaik di Indonesia yang  Dengan menyediakan layanan sertifikat digital dan tanda tangan digital yang aman dan terpercaya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Kontak kami untuk mendapatkan ekosistem digital yang aman dan nyaman!

#BUYBACKYOURTIME

Do you like Cookies ?

Our website is using cookies to provide your browsing experience and relevant informations. Before continue and browse our website, please accept and agree our Privacy & Policy here below.