TékenAja! Blog

Seberapa Efektifnya Remote Working Bagi Perusahaan Di Era Digitalisasi ?

5 months ago | at 5:13 pm


Seiring berkembangnya dunia kerja, sistem remote working muncul dan trend tersebut semakin berkembang dari waktu ke waktu. Istilah remote working sendiri sudah ada jauh sebelum terjadinya pandemi virus Covid-19, namun di Indonesia hal tersebut baru mulai populer sejak adanya pandemi Covid-19. Remote working adalah pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa perlu pergi ke kantor, pekerjaan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, tidak terdapat batasan tempat atau waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sistem remote working dinilai memberikan banyak manfaat bagi karyawan. Menurut Flex Jobs, sebuah survei yang dilakukan dengan Mental Health America menyimpulkan bahwa karyawan dengan pilihan kerja secara remote atau fleksibel, melaporkan kondisi kesehatan mental yang lebih baik. Dari pekerjaan yang fleksibel tersebut cenderung dapat meningkatkan produktivitas, 48% mengatakan work-life-balance mereka berada dalam kondisi yang sangat baik. 

Selain membawa manfaat bagi karyawan, sistem remote working juga memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat tersebut adalah, menghemat budget perusahaan dalam melakukan banyak transaksi bisnis, budaya kerja yang lebih sehat dan efektif, mendukung keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang, meningkatkan penguasaan teknologi sehingga memaksimalkan manajemen tenaga kerja jarak jauh. 

Dibalik banyaknya manfaat yang didapatkan, tidak dipungkiri bahwa remote working memiliki beberapa hambatan. Remote working tidak dapat dilakukan oleh semua jenis pekerjaan, sistem bekerja tersebut hanya cocok bagi perusahaan yang memberikan hak otonomi kepada pekerjanya. Hambatan dalam melakukan koordinasi juga masih sering ditemukan karena lokasi pekerja tersebar di beberapa daerah. Menerapkan budaya kerja juga menjadi permasalahan ketika pekerja tidak dalam lokasi yang sama. Remote working juga dinilai membuat waktu kerja dan istirahat tidak ada batasannya bagi mereka yang masih kesulitan mengelola waktunya. Proses transaksi yang selalu membutuhkan tanda tangan dan pemasangan meterai sebagai bentuk persetujuan juga menjadi hambatan karena kurangnya infrastruktur digital yang memadai remote working terutama bagi divisi keuangan, admin dan bisnis yang sangat memerlukan infrastruktur digital.

Untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan solusi bagi beberapa permasalahan yang menghambat sistem kerja remote working adalah dengan mengimplementasikan layanan digital yang ditawarkan oleh TékenAja!. Beberapa produk dari TékenAja! seperti tanda tangan digital, sertifikat digital, meterai elektronik dan stempel elektronik dapat memberikan banyak keuntungan baik bagi perusahaan maupun pekerja dalam melakukan proses bisnis digital. Mengimplementasikan layanan dari TékenAja! dapat membentuk infrastruktur ekosistem kerja yang lebih memadai untuk keberlangsungan remote working.

Beberapa fitur lainnya dari TékenAja! seperti “Bulk Signing” yang memungkinkan penandatangan melakukan tanda tangan hingga 100 dokumen secara sekaligus, “Self-Registration” yang memungkinkan penandatangan untuk mendapatkan dan membagikan link untuk penandatangan lain dan melakukan sendiri,  “Role Management” yang mengizinkan pengguna untuk mengatur akses dokumen digital sesuai dengan peran penandatangan, “Template Signature” yang dapat menyimpan tanda tanganmu menjadi template yang bisa digunakan kembali tanpa harus membuat ulang tanda tangan, “Multiple Signature” dapat digunakan untuk mendapatkan tanda tangan digital dari beberapa pihak, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa memberikan efisiensi lebih baik saat melakukan remote working.

TékenAja! merupakan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang peraturannya didasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik sehingga seluruh layanannya terjamin keamanan dan legalitasnya. Kontak kami untuk informasi lainnya!

#BUYBACKYOURTIME

Do you like Cookies ?

Our website is using cookies to provide your browsing experience and relevant informations. Before continue and browse our website, please accept and agree our Privacy & Policy here below.