TékenAja! Blog

Tanda Tangan Elektronik Siap Menjadi Solusi Masalah Administrasi Universitas!

2 months ago | at 9:35 am



Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan pada sistem pembelajaran yang awalnya berlangsung tatap muka beralih menjadi daring, perubahan yang secara tiba-tiba mendorong terjadinya transformasi digital pada semua sektor termasuk sektor pendidikan, fenomena tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku pendidikan. Seluruh kegiatan baik akademik maupun non-akademik terpaksa berlangsung daring guna meminimalisir kontak fisik secara massal sebagai upaya menanggulangi penyebaran virus. 

Tidak bisa dipungkiri keberhasilan pembelajaran jarak jauh harus didukung dengan ketersediaan infrastruktur digital yang mumpuni. Infrastruktur digital yang baik dapat memudahkan keperluan mahasiswa dalam memenuhi berbagai keperluan pembelajaran. Ketidaksiapan institusi pendidikan akan adanya transformasi digital akan memberikan berbagai hambatan baik teknis dan non-teknis. Pada tingkatan universitas tidak jarang ditemukan permasalahan teknis perihal administrasi maupun legalisasi dokumen saat seluruh kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring. Beberapa kegiatan seperti Praktek Kerja Lapangan (PKL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), skripsi, sidang hingga pembuatan ijazah selalu memerlukan tanda tangan sebagai bentuk pengesahan dari segala persyaratan dokumen yang diperlukan untuk menunjang kelulusan mahasiswa. Proses validasi dokumen yang panjang serta adanya ancaman penipuan dokumen cukup membebani komponen administrasi pada institusi pendidikan tersebut terlebih jika institusi tersebut belum mengadopsi teknologi terkini dalam sistem pengelolaan dokumen. Permasalahan-permasalahan tersebut memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kualitas perkuliahan.

Salah satu inovasi teknologi yang sangat solutif dan memberikan banyak manfaat adalah tanda tangan digital. Tanda tangan digital merupakan solusi bagi permasalahan legalitas dokumen elektronik dan permasalahan administrasi lainnya. Tanda tangan elektronik berfungsi untuk menjamin identitas penandatangan, keutuhan isi dokumen, dan nirsangkal atau persetujuan penandatangan. Penggunaan tanda tangan digital sangat membantu mahasiswa saat melakukan pembelajaran jarak jauh sehingga tidak ada lagi kesulitan dalam melakukan penandatanganan untuk memenuhi kebutuhan administrasi dan legalisasi. Program perkuliahan seperti PKL, KKN, skripsi, sidang dan pembuatan ijazah tidak perlu lagi dilakukan secara konvensional dan dapat diselesaikan dengan baik. 

Selain itu, tanda tangan digital pada sektor pendidikan juga dapat dimanfaatkan untuk mempersingkat proses pendaftaran calon pelajar yang seringkali membutuhkan legalisasi dari dokumen yang dibutuhkan, melakukan verifikasi transkrip nilai serta dapat mendeteksi apakah transkrip tersebut telah mengalami perubahan atau belum, dan dapat juga digunakan untuk menandatangani ijazah atau sertifikat kelulusan agar aman dari tindak pemalsuan. Tanda tangan digital memungkinkan proses-proses yang awalnya mesti dilakukan secara luring kini dapat tetap dilakukan secara daring dimanapun dan kapanpun sehingga meminimalisir kontak fisik.

Penggunaan tanda tangan digital sebagai salah satu infrastruktur digital pada sektor pendidikan akan mendorong tingkat kesadaran pelajar akan pentingnya pengetahuan dan penggunaan sistem digital sehingga mampu meningkatkan daya saing mahasiswa pada tingkat global. Mahasiswa dapat bersaing secara profesional dan terus mengikuti perkembangan industri yang ada.Tanda tangan digital memiliki kekuatan dan akibat hukum yang setara dengan tanda tangan konvensional selama memenuhi persyaratan dan ketentuan seperti pasal 11 Undang-Undang ITE sehingga dapat dipastikan legalitas dan integritasnya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, tanda tangan digital yang diadopsi harus sudah sesuai dengan aturan pemerintah dan memiliki status ‘Berinduk’ oleh KOMINFO. Tanda tangan digital dapat diperoleh dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE). TékenAja! merupakan platform penyedia sertifikat dan tanda tangan digital yang sudah terbukti integritasnya dalam memberikan layanan sertifikat dan tanda tangan digital terbaik. Tanda tangan digital dari TékenAja! sudah menggunakan sistem verifikasi biometrik real-time pada tingkat keamanan tertinggi, yaitu level 4, dengan otentikasi tiga faktor (3FA) yang dapat menjamin keamanan dan akurasi penggunaan data dengan sangat baik. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami.

#BUYBACKYOURTIME

Do you like Cookies ?

Our website is using cookies to provide your browsing experience and relevant informations. Before continue and browse our website, please accept and agree our Privacy & Policy here below.