TékenAja! Blog

Digital Maturity: Memajukan Otomatisasi Alur Kerja

2 months ago | at 11:06 am

Digitalisasi perusahaan dapat menjadi langkah yang strategis  untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas baik bagi karyawan atau perusahaan itu sendiri, hal tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk memiliki lebih banyak kesempatan dalam menciptakan peluang pasar baru. Namun, dalam melakukan digitalisasi perusahaan perlu memiliki kapabilitas digital atau digital maturity yang mumpuni. 

Menurut riset terkait “State of Digital Maturity” yang dilakukan oleh Formstack (2022), 93% orang menghabiskan waktu setiap hari untuk proses yang tidak efisien dan tugas yang berulang. Sebanyak 51% pekerja melaporkan pemborosan setidaknya dua jam per hari untuk tugas-tugas administratif, seperti pengumpulan data dan penginputan data.

Apa Dampak Proses Kerja Yang Kurang Efisien Bagi Pekerja?

30% Khawatir Membuat Kesalahan

29% Tidak Memiliki Cukup Waktu Untuk Menyelesaikan Seluruh Pekerjaan

24% Kurangnya Antusiasme Bekerja

23% Tidak Bisa Mengambil Cuti

2% Lainnya

Efisiensi dalam bekerja sangat mempengaruhi tingkat digital maturity pada perusahaan.

Apa Yang Dimaksud Digital Maturity?

Digital maturity mengacu pada kapabilitas digital perusahaan untuk merespon perkembangan teknologi. Kapabilitas digital sebuah perusahaan tidak hanya diukur dari seberapa mutakhir teknologi yang digunakan dan tingkat utilitasnya, namun dilihat juga aspek lainnya, seperti strategi, SDM, budaya, dan organisasi perusahaan. Digital maturity membantu perusahaan untuk mengukur kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi sehingga mampu mencapai tingkat efisiensi maksimum. Fokusnya adalah menciptakan nilai melalui kapabilitas baru dan minat konsumen untuk memiliki keunggulan kompetitif.

Apa Manfaat Digital Maturity Bagi Perusahaan?

Semakin tinggi tingkat digital maturity suatu perusahaan, maka akan memberikan dampak baik bagi kesuksesan perusahaan. Perusahaan yang matang secara digital mampu melakukan otomatisasi alur kerja secara optimal agar minim hambatan. 

Manfaat utama dari digital maturity, yaitu:

  1. Peningkatan Penghematan Waktu 
  2. Mengurangi Konsumsi Kertas
  3. Keberlanjutan yang Lebih Baik
  4. Pemberdayaan Karyawan yang Diperluas
  5. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Sesuai dengan studi yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (2018), perusahaan dengan tingkat digital maturity yang tinggi dapat meningkatkan keunggulan kompetitif dan indikator performansi secara signifikan. Peningkatan performa tersebut antara lain; time to market, efisiensi biaya, kualitas produk dan pelanggan. Menurut survei Deloitte (2019), tingkat digital maturity yang tinggi juga akan memberikan dampak terhadap performa finansial yang baik. Artinya, perusahaan dapat menghasilkan keuntungan dengan margin yang lebih tinggi dari rata-rata.

Untuk memperoleh keuntungan seperti yang disebutkan di atas, diperlukan koordinasi yang baik dengan seluruh lapisan perusahaan (top down). Terdapat beberapa poros digital yang dapat mendorong perusahaan untuk mencapai tingkat digital maturity yang baik, yaitu mengimplementasikan infrastruktur digital yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sistem pengelolaan data yang efisien, meningkatkan kompetensi digital SDM, bekerjasama dengan perusahaan yang menawarkan layanan yang dapat meningkatkan keamanan sistem dan data perusahaan.

Salah satu infrastruktur digital yang dapat melengkapi otomatisasi alur kerja agar lebih efisien adalah tanda tangan digital. Tanda tangan digital memungkinkan proses penandatanganan dokumen dilakukan secara digital dengan tidak mengurangi kekuatan hukum dokumen tersebut. TékenAja! merupakan PSrE yang menawarkan layanan tanda tangan digital terbaik.  Beberapa fitur lainnya dari TékenAja! seperti “Bulk Signing” yang memungkinkan penandatangan melakukan tanda tangan hingga 100 dokumen secara sekaligus, “Self-Registration” yang memungkinkan penandatangan untuk mendapatkan dan membagikan link untuk penandatangan lain dan melakukan registrasi secara mandiri, “Biometric Authentication”, yang memberikan pengguna kemudahan dalam melakukan autentikasi hanya dengan melakukan scan wajah, “Template Signature” yang dapat menyimpan tanda tanganmu menjadi template yang bisa digunakan kembali tanpa harus membuat ulang tanda tangan, “Multiple Signature” dapat digunakan untuk mendapatkan tanda tangan digital dari beberapa pihak, dan masih banyak fitur lainnya yang bisa mengotomatisasi tugas legalisasi administratif sehingga tidak ada lagi pemborosan waktu dan pengalaman karyawan serta pengguna akan meningkat.

TékenAja! sudah memenuhi ketentuan-ketentuan yang berkaitan tentang legal dan kekuatan hukum platform kami sesuai dengan UU No.11 Tahun 2008 – Pasal 11 dan UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sehingga dapat terjamin integritasnya dalam melindungi data pengguna. Tingkatkan digital maturity perusahaan anda sekarang! Baca disini untuk mengetahui cara membuat tanda tangan digital dari TékenAja!.

#BUYBACKYOURTIME

Do you like Cookies ?

Our website is using cookies to provide your browsing experience and relevant informations. Before continue and browse our website, please accept and agree our Privacy & Policy